Tentang Kami

Foto saya
Kel.Krukut, Kec.Limo, Kota Depok, Prov Jawa Barat, Indonesia
Selalu berusaha ikhlas-sabar-syukur, Pecinta kedamaian&ketulusan, Ingin selalu berbagi & bermanfaat bagi sesama

Sabtu, 09 Juni 2018

MENEGAKKAN KEADILAN


Saudaraku, bila kita mendengar kata "adil" atau "keadilan", mungkin yang tergambar di pikiran kita keadilan itu 'menempatkan segala sesuatu sesuai proporsinya', 'tidak berat sebelah', 'tidak memihak', 'tidak pilih kasih', 'tidak diskriminatif', atau gambaran sejenis lainnya sesuai dengan konteks persoalannya.
Saudaraku, keadilan relatif mudah diucapkan/dijanjikan tetapi tidak mudah untuk dilakukan/ditegakkan.
Meskipun sulit ditegakkan, tetapi keadilan wajib ditegakkan karena keadilan merupakan prasyarat bagi bertahan/langgengnya sebuah pesahabatan, persaudaraan, kerja sama, atau bentuk-bentuk ikatan lainnya. Tuhan pun memerintahkan manusia untuk berlaku adil, termasuk kepada pihak yang tidak kita senangi. Keadilan perlu dilatih dan dilakukan mulai dalam lingkungan keluarga sampai pada lingkungan yang lebih luas. Bahkan dalam sebuah pemerintahan, keadilan yang dirasakan seluruh rakyat tidak saja dapat menjelma menjadi kekuatan tak terkalahkan untuk mendukung/membela pemerintah/negara, tetapi juga menjadi motivasi kuat untuk bekerja keras dan melakukan yang terbaik bagi kemajuan bangsanya.
Tidak mudahnya keadilan ditegakkan, antara lain karena keadilan menuntut semua pihak untuk siap menerima apapun akibat ditegakkannya keadilan (terutama akibat yang merugikan); keadilan juga menuntut kesediaan pihak yang kuat untuk membantu & melindungi pihak yang lemah, bahkan keadilan pun menuntut kesediaan berkorban untuk melawan/menghadapi pihak-pihak yang telah melampaui batas dalam melakukan ketidakadilan.
Saudaraku…….., terutama yang sedang menempati/memiliki posisi-sosisi strategis di negeri ini, baik di pemerintahan, perusahaan (dunia usaha), maupun di berbagai organisasi dan kelompok masyarakat, jadikanlah keadilan yang didasari moral agama sebagai prasyarat awal bagi semua kebijakan, niatkan semuanya karena Tuhan, selalu lakukan & berikan yang terbaik, insyaAllah Tuhan YMK akan memberikan jalan keluar terbaik-Nya, amin.....  Oleh karena itu, marilah kita belajar secara konsisten menerapkan keadilan di dalam lingkungan kita masing-masing: dalam keluarga, dalam pergaulan, dalam lingkungan pendidikan, pekerjaan, organisasi, dsb dengan seutuhnya. Jangan hanya menginginkan tegaknya keadilan ketika kita dirugikan oleh ketidakadilan atau ketika kita diuntungkan oleh tegaknya keadilan,  dan jangan pula kita menghalang-halangi tegaknya keadilan ketika keadilan merugikan kepentingan kita.
Saudaraku, kalau kita menginginkan keadilan sebatas untuk meraih keuntungan atau menghindari kerugian dan tidak peduli dengan kerugian pihak lain oleh ketidakadilan, maka kita tidak akan pernah bisa berbuat adil. Tetapi kalau hati kita ikhlas menjadikan keadilan bersama sebagai kepentingan kita, sebagai prasyarat bagi semua ikatan, insyaAllah Tuhan akan menuntun kita untuk mampu berlaku/berbuat adil, amin... Mari kita belajar adil karena keadilan akan membaikkan semua dan melanggengkan kebaikan. Semoga. (Sml)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar