Tentang Kami

Foto saya
Kel.Krukut, Kec.Limo, Kota Depok, Prov Jawa Barat, Indonesia
Selalu berusaha ikhlas-sabar-syukur, Pecinta kedamaian&ketulusan, Ingin selalu berbagi & bermanfaat bagi sesama

Rabu, 13 Juni 2018

ANTARA PEMBIASAAN, KEBIASAAN, KARAKTER, & BUDAYA


Saudaraku, kiranya kita sependapat bahwa sifat/kepribadian/karakter yang baik akan membantu proses pencapaian tujuan/kebutuhan/harapan seseorang, kelompok, organisasi, bahkan negara/bangsa atau gabungan dari bangsa-bangsa. Bila semua orang di negeri kita tercinta ini memiliki karakter yang baik, niscaya akan terbentuk karakter bangsa yang baik dan akan melahirkan (terimplementasi menjadi) budaya bangsa yang baik pula. Dengan karakter & budaya bangsa yang baik, maka akan menjadi modal utama dalam menyelesaikan berbagai masalah bangsa.  Demikian juga bila semua bangsa di dunia ini memiliki karakter & budaya yang baik, maka semuanya akan menjadi modal awal yang menentukan bagi berhasilnya menyelesaikan masalah2 antar bangsa dan masalah2 dunia.
Saudaraku, yang perlu dipahami & disadari, antara lain bahwa karakter yang baik itu tidak datang secara tiba2, tetapi harus dibentuk dengan sadar melalui proses2 pelatihan, proses2 pembiasaan & proses2 internalisasi niai2 karakter yang baik, yang memerlukan kesungguhan, konsistensi & waktu.
Untuk membentuk karakter yang baik, salah satu hal utama yang perlu dilakukan adalah melatih & membiasakan setiap hari berpikir, bersikap, bertutur-kata, & melakukan tindakan2 yang baik, dengan dilandasi hati yang ikhlas, syukur, penuh motivasi, & berserah diri kepada Tuhan, Insya-Allah tanpa disadari dari hari ke hari dan dari waktu ke waktu akan terjadi proses akumulasi pembentukan karakter yang baik itu, dan tanpa disadari pula karakter itu telah terbentuk.  Bila proses pembiasaan itu terus berjalan, maka karakter yang sudah terbentuk itu dari waktu ke waktu semakin kokoh.
Sedangkan untuk memiliki hati yang ikhlas, syukur, penuh motivasi, & berserah diri kepada Tuhan, hanya keimanan & keyakinan pada Allah Tuhan YMK-lah yang mampu melahirkannya karena dari sanalah perintah/petunjuk itu berasal.
Saudaraku, sayangnya, upaya pelatihan & pembiasaan yang memadai & konsisten itulah yang belum dilakukan banyak orang, bahkan malah dilupakan. Kita maunya hasil saja tanpa mau memahami bagaimana proses memperoleh hasil tersebut; kita tidak bisa lagi berharap besar (terciptanya karakter yang baik) kalau yang kita upayakan tidak memadai. Lebih baik kita 'berupaya besar tetapi berharap sedikit atau bahkan tidak berharap', daripada "berharap besar tetapi upayanya kecil/minim". Tuhan hanya memberikan 'imbalan' sebesar tindakan/upaya yang kita lakukan, bukan sebesar harapan/keinginan kita. 
Saudaraku, semoga kita diberi petunjuk & kekuatan oleh Allah Tuhan YMK, untuk dapat selalu belajar & berlatih melakukan hal2 yang baik & bermanfaat bagi sesama, dan semoga pada saatnya kita diijinkan memiliki karakter yang baik yang diperlukan bagi pembentukan karakter & budaya bangsa yang baik, menuju keadilan & kesejahteraan bersama se-bangsa maupun se-umat manusia, amin.... (Sml)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar