Tentang Kami

Foto saya
Kel.Krukut, Kec.Limo, Kota Depok, Prov Jawa Barat, Indonesia
Selalu berusaha ikhlas-sabar-syukur, Pecinta kedamaian&ketulusan, Ingin selalu berbagi & bermanfaat bagi sesama

Minggu, 21 April 2019

Memahami Diri Sendiri, Orang Lain,& Membantu Orang Lain Memahami Dirinya

       Saudaraku, untuk dapat menjalani hidup ini dengan baik dan benar, kita perlu memahami diri kita, diri orang lain, serta membantu orang lain memahami dirinya.  
      Kita (manusia) diciptakan oleh Tuhan setelah sebelumnya Tuhan menciptakan segala fasilitas yang kita butuhkan: bumi yang kita tempati, dan alam raya dengan segala isinya. Bahkan diri kita diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang paling lengkap komponennya sekaligus paling mulia dibanding semua makhluk ciptaan lainnya seperti: a) matahari, bumi, air, udara, dan sejenisnya; b) tumbuh-tumbuhan; c) hewan-hewanan; d) makhluk halus (malaikat, jin, dsb). 
       Dengan kelebihan yang diberikan kepada manusia itu, Tuhan menghendaki agar manusia dapat berperan sebagai khalifah (wakil Tuhan) di muka bumi (alam semesta ini) untuk memimpin semua makhluk Tuhan tersebut, mengelola & memanfaatkan sesuai kepatutan (pedoman Tuhan), serta memelihara kelestariannya, yang semuanya dilakukan dalam rangka pengabdian (penghambaan diri) dan wujud kesyukuran manusia kepada Sang Penciptanya (Tuhan YMK, Allah SWT), sehingga tercipta keharmonisan hidup. 
      Oleh karena itu, mari kita pahami bahwa kita (manusia) diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan untuk mengabdi (menghambakan diri) kpd-Nya dengan menjalankan peran/tugas sebagai khalifah (wakil Tuhan) di muka bumi (alam semesta ini) dengan menggunakan kesempurnaan penciptaan yang diberikan (melekat) hanya kepada manusia (kesempurnaan tubuh, panca indera, & akal pikiran). 
        Dengan pemahaman tersebut, marilah kita luruskan niat dalam hati kita sesuai tujuan penciptaan kita, kita gali potensi dalam diri kita, dan kita jalani kehidupan ini dengan penuh keikhlasan&kesyukuran, dengan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada sesama.
       Selanjutnya, untuk dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada orang lain (sesama manusia), kita perlu memahami orang lain: apa tujuan hidupnya, apa kebutuhan&keinginannya, apa saja nilai-nilai yang diyakininya, permasalahannya, potensinya, apa saja yang dilakukan & yang bisa dilakukan, dsb.
      Selanjutnya, mari kita bantu orang lain (mereka) untuk memahami dirinya: apa sebenarnya tujuan hidup yang sebaiknya ditetapkan, apa saja sebenarnya yang dibutuhkan& apa saja yang sebenarnya hanya merupakan keinginan, nilai-nilai apa saja yang memang benar & sebaiknya diyakini, potensi diri apa saja yang dapat digali&ditumbuh-kembangkan, serta keputusan, sikap&tindakan apa saja yang sebaiknya diambil/dilakukan.
       Saudarakua, semoga kita diijinkan oleh Allah Swt Tuhan YMK untuk dapat memahami &memperbaiki diri kita, memahami orang lain, dan membantu sebanyak mungkin orang, dalam menjalankan peran s ebagai khalifah di muka bumi bagi kesejahteraan bersama di dalam ridlo Allah Swt, Aamiin. (Ragil)
     
        




Tidak ada komentar:

Posting Komentar